INI LOH PAJAK BULANAN YANG HARUS KAMU BAYARKAN TIAP BULAN – 2

Home / UKM Melek Keuangan / INI LOH PAJAK BULANAN YANG HARUS KAMU BAYARKAN TIAP BULAN – 2

UKM Melek Keuangan 012 setelah diedisi sebelumnya membahas pajak penghasilan bruto maka selanjutnya adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Namun sebelum kita bahas pajak yang satu ini, pasti diantara kamu ada yang bertanya bagaimana jika transaksi saya :

Transaksi Non PPN

Coba dicek ke dalam legalitas yang kamu miliki apakah terdaftar sebagai pengusaha kena pajak atau tidak? jika tidak memang kamu tidak diwajibkan mengenakan transaksi PPN dalam kegiatan usaha mu ( Menarik ppn dari kegiatan transaksi penjualan yang kamu lakukan). Karena itu tidak ada laporan pajak PPN yang harus kamu laporkan.

Transaksi Include PPN

Jika kamu penjual retail yang telah memasukan ppn di dalam harga mu maka kamu akan menerapkan konsep digungung namanya.. Ini berarti kamu secara legal memang diwajibkan untuk menarik PPN dari setiap transaksi mu dan wajib untuk dilaporkan setiap bulannya.

Nah karena harga sudah include dengan ppn kamu tidak perlu membuat faktur pajak kecuali pelanggan mu request faktur pajak nya ya.. itu makanya disebut digunggung.

Transaksi PPN

Nah klo transaksi PPN ini kamu wajib membuat faktur pajak untuk setiap pelanggan kamu, karena pelanggan kamu biasanya juga wajib pajak yang diwajibkan melaporkan ppn.

Bagaimana Membuat Faktur Pajak PPN

Hasilnya akan seperti dibawah ini :

cetakan-e-Faktur

Lapor Pajak PPN

UKM Melek Keuangan

Phone : Whatsapp

0813-8228-9991